Laman

Selasa, 05 Juni 2012


 Rahasia Bulan

Pada tanggal 4 juni 2012 kemarin, telah ada fenomena gernana bulan. pada dasarnya bentuk bulan adalah ciptaan Allah. Dan ada banyak hikmah dibalik beragam bentuk bulan yang melahirkan daya guna (manfaat) bagi umat manusia, utamanya bagi mereka yang hidup dipadang sahara atau pedusunan terpencil. Perubahan bentuk bulan memudahkan manusia untuk mengetahui awal bulan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian puloa bentuk-bentuk bulan perfasenya memudahkan manusia mengingat hitungan hari hari yang mereka jalani di alam wujud ini.
Selain itu, ragam bentuk bulan juga menunjukkan hikmah ciptaan Allah agar setiap hamba-Nya mau merenungkan kekuasaan dan keagungan-Nya serta keindahan ciptaan-Nya. Allah berfirman:

  Maha suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya.

Sebenarnya, bukan hanya bulan sabit saja yang menjadi tanda waktu, akan tetapi Allah juga menjadikan gerak dan peredaran matahari sebagai tanda waktu bagi manusia. Allah berfirman:
  

dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.(Al isro’12)

Dari ayat tersebut dapat dipahami, tanda waktu bagi manusia bukan semata bergantung pada bulan, melainkan juga pada matahari. Waktu yang diutarakan dalam Al-Qur’an dan Hadist berbentuk jama’. Hal itu berarti mencakup semua waktu, baik waktu yang bergulir pada bulan-bulan dalam satu tahun atau waktu-waktu yang berlangsung dalam bilangan tahun sepanjang lorong waktu kehidupan ini, juga waktu-waktu yang menunjukkan musim, waktu untuk shalat dan ibadah-ibadah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar