Laman

Rabu, 28 September 2011

imam magzhab 4


Lahirnya madzhab- madzhab dalam Islam diawali pada masa kodifikasi hukum-hukum Islam pada masa pembukuan hadits. Sebaliknya pertumbuhan dan munculnya aliran mazdhab ini banyak sekali, terutama pada abad II sampai dengan abad IV hijriah. Perkembangan madzhab ini sangat wajar, karena pada abad tersebut perkembangan dan perluasan Islam sangat pesat.
Sesudah abad V Hijriyah perkembanga madzhab yang ada semakin sedikit. Satu persatu mazhab tersebut tenggelam dan ditinggal para pengikutnya. Beberapa aliran madzhab saja yang bisa dertahan dan berkembang hingga sekarang diantaranya madzhab yang empat yabg dikenal dengan nama”Al- Mazahibul arba’ah” yaitu:
a.       Madzhab Hanafi
Perintis madzhab Hanafi adalah Imam Abu Hanifah. Beliau lahir di Kuffah pada tahun 80 H (699M) dan wafat tahun 150 H (767M).Hammad ibn Sulaiman menyatukan fiqh An-Nakha’i dengan fiqh Asy-Sya’bi dan memberikan fiqh yang sudah disatukan itu kepada murid-muriadnya, diantaranya Abu Hanifah an Nu’man. Yang kemudian menggantikan gurunya sesudah gurunya itu meninggal sebagai pemegang kendali madrasah.
Abu Hanifah mempunyai kesanggupan yang tinggi dalam menggunakan mantiq dan menetapkan hukum syara’ dengan qiyas dan istihsan. Beliau terkenal sebagai seorang ulama yang berhati-hati dalam menerima hadits. Walaupun demikian, Abu Mufid Muhammad ibn Yusuf al Khawarizmi telah mengumpulkan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh abu Hanifah dalam suatu kitab yang berjudul Jami’ul Masanied.
Abu Hanifah adalah seorang imam yang terkemuka dalam bidang qiyas dan ishtihsan. Dengan kita memperhatikan cara-cara yang ditempuh Abu Hanifah untuk beristinbat, nyatalah bahwa dasar-dasar hukum fiqh dalam madzhabnya, ialah:
a.       Al-kitab
b.      As Sunnah
c.       AL Ijma’
d.      Al-Qiyas
e.       Al Istinbat
Murid-murid Abu Hanifah yang terkenal ialah :
a.       Abu Yusuf Ya’qub ibn Ibrahim  al Anshari al Kufi (113H-182H)
b.      Muhammad ibn al Hasan asy Syaibani (132 H-189 H)
c.       Zufaz ibn Hadzail ibn QaisAl Kufi(110H-158H)
d.      Al Hasan ibn Ziyad al Lu’lu-i (204)
Pada masa sekarang ini madzhab Hanafi adalah madzhab resmi negara Mesir, Turki, Syiria, dam Lebanon. Dan madzhab inilah yang dianut oleh sebagian besar penduduk Afghanistan, Pakistan, Turkistan, Muslim India dan Tiongkok. Lebih sepertiga umat Islam di dunia ini menganut madzhab ini[1].
b.      Madzhab Maliki
Perintis madzhab ini adalah Imam Malik bi Anas bin Malik bin Abi Amir Al- Ashbahi Al- Arabi. Lahir di kota Madinah tahun 95H (731 M) dan wafat pada tahun 179H( 795M) di masa Harun al Rasyid.
 Di Hijaz/ Madinah adalah tempat wahyu dan tempat berkembangnya sunah. Di negeri inilah didirikan madrasah yang mempunyai corak sendiri, yaitu Madrasah Ali Hijaz atau Madrasah Alil Madinah.
Kota Madinah adalah Darul Hijrah, tempat Nabi SAW berdiam sesudah hijrah dari Makkah. Kota inilah yang menjadi pusat ahli hadits.
Beliau yang terkenal sebagai pemuka fiqh didaerah Hijaz menjadi guru Asy-Syafi’i. Beliau menyusun sebuah kitab hadits yang dinamai Al Muwaththa’. Disusun secara kitab fiqh. Isi kitabnya disepakati oleh para ulama. Khalifah al-Mansur pernah bermaksud menjadikan Al- Muwaththa’ sebagai buku pegangan yang harus dianut isinya tetapi Malik menolaknya.
Al- Qadli Iyadl dalam kitab AlMadarik berkata: Malik mendahulukan Kitabullah menurut tertib terang samarnya. Yakni beliau mendahulukan nash, kemudian  yang dhahir kemudian yang mafhum.
Setelah itu beliau berpegang kepada As- Sunnah. Dalam hal ini beliau mendahulukan yang mutawati atas yang masyhur, yang masyhur atas ahad, sebagaimana beliau mendahulukan yang nash atas yang dhahir atas yang mafhum.
Sesudah pada itu beliau berpegang kepada ijma’ baru kemudian beliau berpegang kepada qiyas.
Dalam pada itu Malik tidak memberi kepada qiyas kedudukan yang diberikan oleh Abu Hanifah. Dan kadang-kadang beliau mendahulukan amalan ulama-ulama Madinah atas hadit ahad.
Selain pada itu beliau mempergunakan mashlahah mursalah yang dasar ini telah dipakai oleh Umar dan sahabat sahabat yang lain.
Pada masa sekarang ini, madzhab Maliki berkembang di Maroko, Aljazair, Tunisia, Lybia dan di pedalaman Mesir, Sudan Bahrain dan Kuwait.[2]
c.       Madzhab Syafi’i
Madzhab ini dibangun oleh Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i asal keturunan Quraisy dari Hasyim bin Abdul Muthalib. Beliau dilahirkan di Gaza tahun 150H (767M) dan meninggsl di Mesir pada tahun 204H (819M).
Mula-mula beliau berguru pada Muslim ibn Khalid Az-Zani, Mufti Makkah. Sesudah beliau menghafadh Al-Qur’an dalam usia 9 tahun, beliau mempelajari lughat dan syi’ir. Kemudian beliau menghadapi hadits, fiqh dan al-Qur’an.
Untuk memperoleh ilmu beliau pergi ke Madinah berguru kepada Imam Malik dan ke Irak berguru ke pada Muhammad ibn al Hasan.
Pada mulanya beliau mengikuti Imam Malik kemudian beliau membentuk madzhab sendiri, yaitu madzhab qadim yqng dibentuk di Irak. Kemudian pada tahun 200 H beliau menuju ke Mesir dan membentuk madzhab jadidnya.
Di Mesirlah beliau menyusun kitab-kitabnya yang terkenal hingga sekarang, diantaranya ar-Risalah, sebagai kitab pertama dalam Ilmu Ushul dan Umm.
Di dalam ar Risalah beliau menerangkan bahwa dasar dasar tasyri yang dipeganginya ialah:
a.       Al Qur’an menurut dhahirnya
b.      As Sunnah walaupun ahad
c.       Ijma’
d.      Qiyas
Diantara kitab Asy Syafi’i yang terpenting yang sampai kepada kita ialah: Ar Risalah dalam bidang Ushul Fiqh,  Al Umm dalam bidang fiqh,  Mukhtaliful Hadits dan Musnad dalam bidang hadits.
Pengikut-pengikut asy-Syafi’i banyak tersebar di Hijjaz, Irak, Mesir dan di daerah-daerah lain. Pada masa sekarang ini madzhab Asy Syafi’i berkembang di Palestina, Yordania, Libanon, Syiria, Irak, Pakistan, India, Indonesia dan Jazirah Indo Cina. Juga orang-orang persia dan Yaman yang sunni dengan madzhab Asy Syafi’i.[3]
d.      Madzhab Hambali
Pendiri madzhab ini adalah  Al Imam Abu Abdillah Ahmad ibn Hambal ibn Hillal asy Syaibani. Beliau lahir di Bagdad pada tahun 164H wafat pada tahun 214H.
Beliau seorang imam yang selalu melawat ke berbagai kota untuk mencari ilmu dan hadits. Beliau pernah ke Syiria, Hijaz, Yaman, Kufah dan Basrah. Dengan uasaha yang tidak kenal payah beliau menghimpun sejumlah 40.000 hadits di dalam kitab musnadnya.
Imam ahmad terkenal sebagai seorang imam yang menjauhkan dari qiyas dan kuat berpegang pada nash al Kitab dan hadits. Karenanya sebagian ulama menggollongkan beliau ke dalam golongan ahli hadits, tidak ke dalam golongan para mujtahid.
Pada mulanya ibnu Hambal ini berguru kepada asy Syafi’i kemudian barulah beliau membangun madzhab sendiri. Madzhab ini didasarkan pada:
a.       Nash Al Qur’an atau Al hadts
b.      Fatwa Shahabi
c.       Pendapat sebagian shahabat
d.      Hadits mursal atau hadits dla’if , jika tidak berlawanan dengan sesuatu atsar atau dengan pendapat seseorang shahabat
e.       Qiyas
Sekarang madzhab hambali adalah madzhab rsmi pemerintah Saudi Arabia dan mempunyai pengikut yang tersebar di seluruh jazirah Arab, Palestina, Syiria dan Irak.[4]


[1] Prof Dr Teungku M. Hasybi Ash Siddieqy, Pengantar Ilmu Fiqh, Semarang:PT Pustaka Rizki Putra, 1999. Hal 115-119
[2] Prof Dr Teungku M. Hasybi Ash Siddieqy, Pengantar Ilmu Fiqh. Hal 119-122
[3] Prof Dr Teungku M. Hasybi Ash Siddieqy, Pengantar Ilmu Fiqh. Hal 122-125
[4] Prof Dr Teungku M. Hasybi Ash Siddieqy, Pengantar Ilmu Fiqh. Hal 125-129

Tidak ada komentar:

Posting Komentar